CARA MEMILIH BIBIT KELINCI

CARA MEMILIH BIBIT KELINCI

Sangat Ekonomis

Agar tujuan peternakan dapat dicapai, diperlukan bibit-bibit yang sehat, produktif, dan mampu menghasilkan banyak anak, baik jantan maupun betinanya. Karakter dan ukuran harus sesuai dengan standar ras yang berlaku. Usia bibit harus masih muda dan dalam keadaan masih produktif.

Bibit yang baik sangat ekonomis, karena terjamin kepastian produksi dan mutunya. Meskipun harganya tergolong tinggi, membeli bibit memiliki keuntungan, yaitu adanya jaminan kepastian produksi. Berikut ini, beberapa keuntungan menggunakan bibit yang terjamin kemurnian dan kualitasnya.

v  Angka kematian ternak rendah, bahkan ada kemungkinan semua anak bias tumbuh sehat sampai dewasa.

v  Tata laksana pemeliharaan lebih rendah, karena pembibit akan menunjukkan teknik dan tata cara pemeliharaannya.

v  Biaya produksi bisa diperhitungkan dengan mudah sesuai dengan skala ekonomis yang dikehendaki.

v  Jelasnya modal dan biaya produksi yang diperlukan, sehingga tingkat keuntungan yang diharapkan terukur pasti. Ini kalau ternak kelinci tak sekedar hobi, tapi usaha itu memang dikembangkan sebagai peternak komersial.

Sehat dan Enerjik

Bibit kelinci yang sehat memiliki sifat lincah dan aktif. Gerakannya enerjik, tidak malas-malasan atau mengantuk, dan memiliki nafsu makan yang tinggi. Secara umum, bibit yang digunakan memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut:

  1. Tipe kepala sesuai dengan ukuran badan

Kelinci bertubuh panjang membutuhkan tipe kepala yang panjang pula. Kelinci berbadan besar dan lebar, memiliki kepala yang lebar pula. Kelinci kecil, kepala seharusnya kecil juga.

Tipe kepala yang baik dan seimbang memiliki dasar telinga yang baik. Telinga tegak (kecuali lop), panjang minimal 10 cm. Daun telinga tebal, lebar, panjang, kokoh, dan tampak seimbang.

Kelinci lop perancis memiliki tipe kepala seperti anjing bulldog. Tipe kepala serupa juga terdapat pada New Zealand White.

Kelinci raksasa seperti Giant Chinchilla memerlukan permukaan kepala yang cukup luas untuk menopang telinganya yang panjang dan berat. Bentuk kepala yang dikehendaki juga panjang untuk mengimbangi sosok badan yang panjang.

Kelinci ras tertentu seperti Chekered Giant dan English Spot mempunyai rahang lebih dalam dibandingkan ras lain.

Tipe kepala buah pir berciri kepala dan moncong kerepes, telinga patah dan bengkok. Tipe serupa ini kurang disukai pada semua ras kelinci.

Matanya bulat bercahaya, selaput mata bersih. Pandangan cerah, jernih. Pandangan mata yang sayu dan kurang jernih menandakan kelinci sakit mata atau kurang sehat kondisi fisiknya.

Hidung kering, moncong dan mulut bersih. Kelinci yg hidungnya basah dan lembab, kemungkinan terserang pilek.

Gigi taring tidak tajam.

  1. Berkaki normal

Kaki normal cirinya kuat, kokoh, dan berkuku pendek. Kakinya tidak bengkok atau cacat. Kaki yang cacat berbentuk huruf X (kaki bengkok ke luar), dan berbentuk huruf O (kaki bengkok ke dalam).

Kaki yang bagus cirinya lurus, sempurna, dan baik. Jarak antar kaki depan belakang, sama.

Kaki belakang tampak rapat pada badan, baik, karena posisinya parallel. Kalau kaki belakang ke samping, jelek, karena lututnya tampak seperti lutut sapi.

  1. Berbadan bulat

Kelinci berbadan bulat, berdada lebar, padat, dan singsat. Kondisi ini menunjukkan keadaan fisik yang prima dan bertenaga kuat. Bentuk badan yang kuat juga mencerminkan kandungan dagingnya banyak, ia penghasil daging yang banyak.

Kulit licin, tidak terasa benjol-benjol kalau diraba. Bulu bersih, licin, halus, mengilat, dan rata. Dubur bersih, kering, tidak terdapat tanda-tanda kotoran bekas mencret.

Calon induk betina berbadan panjang, bertulang pinggang lebar. Ia rajin membina sarang dan merawat anak, dan berasal dari keturunan yang mempunyai 6-8 ekor anak hidup dan tumbuh seragam sampai disapih. Jumlah puting susu 8 buah.

Calon induk dengan ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa ia bias beranak banyak, berumur panjang, masa produktifnya lama berkisar 2,5-3 tahun. Ia saying anak dan air susunya banyak.

Pejantan berkelamin normal, tidak cacat. Alat kelaminnya berkantung kemih cukup besar sehingga tampak menggelantung ke bawah, tetapi tidak sampai menyentuh lantai ketika berjalan-jalan. Sifat tidak garang, tidak suka menggiggit, dan penuh gairah. Usia pejantan lebih tua daripada induk betina.

  1. Berekor lurus

Ekor kecil, tumbuh lurus ke atas, nampak menempel dengan punggung. Ekor tidak miring, tidak rebah ke samping atau terpuntir, dan tidak jatuh ke bawah. Ekor yang tidak lurus ke atas berarti cacat.

About PUTRA RABBIT FARM

Selama ini, banyak peternakan kelinci masih diusahakan sebagai peternakan keluarga yang bersifat sambilan. Kegiatan budi daya dan manajemennya masih sangat sederhana. Sebagai alternative, usaha peternakan kelinci sebenarnya dapat dikembangkan dalam bentuk perusahaan peternakan. Sasarannya produksi kelinci dapat ditingkatkan sesuai dengan target, mutu, dan permintaan pasar yang berkembang. Peternakan Kelinci Putra Rabbit Farm yang berada di Selatan kota jogja, tepatnya di desa Nengahan, Trimurti, Poncosari, Srandakan, Bantul, mencoba untuk mengembangkan usaha ini. Mengingat pada tahun 1982, pemerintah pernah menganjurkan agar kelinci dikembangkan sebagai ternak sumber daging untuk meningkatkan mutu gizi masyarakat. Berawal dari kecintaan pada semua binatang, kelinci menjadi suatu pilihan yg memikat hati kami sekeluarga. Sebuah peternakan sederhana yg digarap dengan serius, terencana dan terarah. Prinsip dari kami adalah smakin hari haruslah mengalami pertumbuhan. Sekecil apapun itu, tetap harus mengalami pertumbuhan. Kami selalu menyeleksi induk dan hasil anakan dari ternak kami, melakukan recording, sistem persilangan yang terencana dan terarah (cross breed, inbreed, dan line breed), serta pengontrolan oleh dokter hewan kami di setiap bulannya. Karena kami berharap yang terbaik, yang akan kita tawarkan kepada konsumen. Kami telah melakukan pengiriman ke luar kota dan luar pulau jawa. Jadi satu harapan kami, yaitu kepuasan dari para konsumen. Tidak sekedar itu, kami juga terbuka bagi siapa saja yang ingin berkonsultasi tentang kelinci kesayangannya. Baik konsumen dari kami ataupun di luar itu.
This entry was posted in PEMELIHARAAN, TIPS and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s