Merencanakan Perkembangbiakan Kelinci

Sebagai seorang peternak yang awam atau pemula, pertanyaan mendasar yang sering terlintas dibenak kita adalah “Dalam setahun Induk Kelinci bisa ngelahirin berapa banyak anak ya ???”. Hal ini tentu saja sangat wajar mengingat semakin banyak jumlah anak yang dilahirkan pertahunnya berarti semakin besar pula pendapatan yang akan kita peroleh. Lalu,..berapakah jumlah anak yang mampu dilahirkan oleh seekor kelinci?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu saja kita harus memiliki data tentang lama mengandung dan lama seekor kelinci menyapih anaknya. Berikut adalah data yg bersumber dari James Blakely & David H.Bade

Kawin Ulang (Hari) Jarak antarlitter(Hari) Jumlahlitter/tahun Lama penyapihan (Hari)
14

21

28

42

45

52

59

73

8

7

6

5

28

35

42

46

catatan : jarak antar litter adalah jarak antara kelahiran yang satu dengan kelahiran berikutnya.

Data diatas dihitung dengan mengasumsikan bahwa suatu kelinci indukan mengandung selama 28-35 hari. Dari data tersebut terlihat jelas bahwa semakin pendek lama penyapihan(lama anak kelinci menyusui dan tinggal bersama induknya) maka semakin banyak jumlah kelahiran pertahunya. Kelinci yang menyapih anaknya selama 14 hari memiliki kesempatan untuk melahirkan sebanyak 8 kali/tahun. Artinya jika setiap kelahiran kelinci tersebut melahirkan 6 anak kelinci, maka setiap tahunya seekor kelinci dapat melahirkan 48 ekor anak kelinci, jumlah yg cukup banyak bukan ?

Tapi yg menjadi pertanyaan bagaimanakah kualitas anak kelinci tersebut ? Yup,..sudah pasti kualitas anak kelinci tersebut tidak sebaik mereka yang disapih selama 35 hari. Semakin singkat usia penyapihan maka bisa dipastikan bobot dan kualitas anak kelinci tersebut semakin menurun. Semua ini tergantung kepada masing2 peternak.

About PUTRA RABBIT FARM

Selama ini, banyak peternakan kelinci masih diusahakan sebagai peternakan keluarga yang bersifat sambilan. Kegiatan budi daya dan manajemennya masih sangat sederhana. Sebagai alternative, usaha peternakan kelinci sebenarnya dapat dikembangkan dalam bentuk perusahaan peternakan. Sasarannya produksi kelinci dapat ditingkatkan sesuai dengan target, mutu, dan permintaan pasar yang berkembang. Peternakan Kelinci Putra Rabbit Farm yang berada di Selatan kota jogja, tepatnya di desa Nengahan, Trimurti, Poncosari, Srandakan, Bantul, mencoba untuk mengembangkan usaha ini. Mengingat pada tahun 1982, pemerintah pernah menganjurkan agar kelinci dikembangkan sebagai ternak sumber daging untuk meningkatkan mutu gizi masyarakat. Berawal dari kecintaan pada semua binatang, kelinci menjadi suatu pilihan yg memikat hati kami sekeluarga. Sebuah peternakan sederhana yg digarap dengan serius, terencana dan terarah. Prinsip dari kami adalah smakin hari haruslah mengalami pertumbuhan. Sekecil apapun itu, tetap harus mengalami pertumbuhan. Kami selalu menyeleksi induk dan hasil anakan dari ternak kami, melakukan recording, sistem persilangan yang terencana dan terarah (cross breed, inbreed, dan line breed), serta pengontrolan oleh dokter hewan kami di setiap bulannya. Karena kami berharap yang terbaik, yang akan kita tawarkan kepada konsumen. Kami telah melakukan pengiriman ke luar kota dan luar pulau jawa. Jadi satu harapan kami, yaitu kepuasan dari para konsumen. Tidak sekedar itu, kami juga terbuka bagi siapa saja yang ingin berkonsultasi tentang kelinci kesayangannya. Baik konsumen dari kami ataupun di luar itu.
This entry was posted in PEMELIHARAAN and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s